Misi Umat Kongregasi Pasionis di Stasi Selimus Sekadau Kalimantan Barat

Author | Sabtu, 22 Juli 2017 17:53 | Dibaca : : 1043
Penyambutan rombongan Tim Misi Umat Pasionis Indonesia secara adat oleh umat di Sekadau Kalimantan Barat Penyambutan rombongan Tim Misi Umat Pasionis Indonesia secara adat oleh umat di Sekadau Kalimantan Barat Foto : Dokumentasi Pribadi

Hallo para pencinta Gemapasionis. Salam jumpa dalam kasih Tuhan.

Kali ini Gemapasionis hadir dengan sebuah berita menarik mengenai karya misi khas Kongregasi Pasionis di Kalimantan Barat. Semoga berita ini menambah pengetahuan Anda semua tentang Kongregasi Pasionis dan menggerakkan Anda untuk mendoakan para Pasionis dan karya-karya Pasionis agar tetap bertumbuh di tengah berbagai tantangan zaman ini. Selamat menikmati!

Pada tanggal 13 -16 Juli 2017 telah dilaksanakan kegiatan Misi Umat Kongregasi Pasionis di Stasi Bunda Maria Tanpa Noda Selimus, Paroki St. Petrus dan Paulus Sekadau, Keuskupan Sanggau. Misi Umat tersebut dihadiri oleh P. Markus Adu, CP (Wakil Provinsial Pasionis Indonesia), P. Antonius Janga, CP (Ketua Misi Umat Pasionis Indonesia) dan P. Kristianus, CP (Pastor Paroki St. Petrus dan Paulus Sekadau dan Koordinator Misi Umat). Bersama dengan ketiga Pastor ini hadir pula para imam, bruder, frater dan suster dari Kongregasi Pasionis sebagai tim Misi Umat. Jumlah religius Pasionis yang terlibat dalam tim Misi Umat kali ini adalah 23 orang, yang terdiri atas 14 imam, 2 diakon, 2 bruder, 3 frater dan 2 suster.

Acara pembukaan Misi Umat diawali dengan penyambutan rombongan Tim Misi Umat secara adat setempat, yaitu Upacara Injak Telur yang diiringi Tarian Pedang dan Pencak Silat. Selain itu, rombongan Tim Misi Umat juga disambut dengan minuman tuak adat suku Dayak yang disimpan dalam tempayan khusus yang biasa dipakai untuk acara-acara adat dan acara resmi lainnya. Acara pembukaan ini dihadiri oleh lebih dari seribu umat Katolik Stasi Selimus dan beberapa orang muda katolik dari stasi-stasi terdekat. Acara pembukaan Misi Umat ini juga dihadiri oleh Bapak Hermanto (Camat Sekadau Hilir) dan Bapak Koramil Rayon Sekadau.

Setelah pembukaan dilaksanakan secara adat, acara dilanjutkan dengan Misa Pembukaan Misi Umat yang dipimpin oleh P. Markus Adu, CP. Dalam kotbahnya, Pastor Adu menegaskan pentingnya Misi Umat sebagai usaha penyegaran iman umat di Stasi Selimus. Seluruh umat diajak untuk terlibat dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut agar pemahaman iman mereka semakin mendalam dan hidup rohani mereka disegarkan. Selain itu, kehadiran para religius Pasionis di tengah-tengah umat menjadi sebuah kesempatan berharga bagi umat untuk lebih mengenal kehidupan religius dan untuk saling berbagi pengalaman iman yang hidup dan nyata. Dengan kebersamaan tersebut diharapkan orang-orang muda di stasi tersebut tertarik dengan kehidupan religius dan berani menjawab panggilan Tuhan. Setelah Misa berakhir, acara dilanjutkan dengan Pemukulan Gong sebanyak tujuh kali sebagai tanda dimulainya kegiatan Misi Umat di Stasi Selimus.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam Misi Umat adalah misa bersama setiap pagi, pembinaan iman umat, ibadat jalan salib keliling kampung, kunjungan keluarga-keluarga sekaligus berkat rumah seluruh umat, malam keakraban dan penanaman Salib Misi di dekat Gereja Stasi dan di pintu masuk kampung.

Pembinaan iman umat dilaksanakan dalam tiga kelompok, yaitu pembinaan iman untuk orang-orang dewasa, untuk orang-orang muda dan untuk anak-anak. Adapun materi yang diberikan kepada anak-anak dan orang muda adalah tentang Kehidupan Yesus dan Hal-Hal Praktis dalam Hidup Menggereja yang dibawakan oleh Fr. Dilan, CP, Fr. Damas, CP, Fr. Apo, CP, Br. Windi, CP, dan Sr. Yulita, CP serta dibantu oleh OMK Paroki Sekadau (Epo, Mikael dan Teta). Sedangkan materi yang diberikan untuk orang-orang dewasa adalah sebagai berikut:

  1. Selayang Pandang Kongregasi Pasionis (oleh Diakon Sigit, CP),
  2. Menjadi Orang Katolik yang Cerdas (P. Valentinus, CP),
  3. Hidup Menggereja (P. Yustinus, CP),
  4. Tujuh Sakramen Gereja (P. Yakobus, CP),
  5. Hidup Berkeluarga dan Sakramen Perkawinan (P. Antonius Janga, CP) dan
  6. Undang-undang Agraria dan Hak Tanah Adat (P. Valentinus, CP).

Misi Umat adalah model khas berpastoral yang diwariskan oleh Pendiri Kongregasi Pasionis, Santo Paulus dari Salib. Warisan mulia ini dibawa ke Indonesia oleh para misionaris Pasionis dari Italia dan Belanda dan telah dilaksana selama kehadiran Pasionis di Indonesia, teristimewa di bumi Kalimantan Barat. Tujuan Misi Umat adalah untuk membangkitkan semangat umat dalam memahami, menghayati dan menghidupi iman dan semangat Injil dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan Misi Umat di Stasi Selimus Sekadau yang berlangsung selama tiga hari itu adalah cara khas Kongregasi Pasionis untuk mewujudkan tujuan itu.

Gemapasionis menyampaikan selamat dan proficiat kepada rekan-rekan, khususnya Tim Misi Umat yang telah mempersiapkan dan menjalankan Misi Pasionis dengan baik. Semoga Tuhan selalu hadir dalam setiap karya pelayanan rekan-rekan di hari-hari selanjutnya. Kepada umat di Stasi Selimus Sekadau Gemapasionis juga menyampaikan salam sukacita dan selamat melanjutkan misi di dalam keluarga dan di tengah masyarakat. Marilah kita saling mendoakan agar Tuhan meneguhkan iman kita dan menyertai perjuangan kita untuk membawa semangat Injil, yakni Kabar Gembira dalam kehidupan setiap hari.

Akhirnya, gemapasionis mengucapkan terima kasih kepada Br. Antonius B. Doko, CP yang telah mengirimkan informasi dan foto-foto kegiatan Misi Umat di stasi Selimus Sekadau, Kalimantan Barat. Terima kasih juga kepada P. Gregorius Edy, CP yang telah membantu merumuskan berita ini.

Salam Passion!

 

“Semoga Sengsara Yesus Kristus Selalu Hidup Di Hati Kita”

 

P.Avensius Rosis,CP

Ditahbiskan menjadi imam dalam Kongregasi Pasionis pada 18 Agustus 2009 di Gereja Katedral Jakarta. Februari 2016 - Juli 2017 berada di Melbourne, Australia. Sekarang bertugas mendampingi para Novis Pasionis di Biara Santo Gabriel dari Bunda Berdukacita, Batu, Malang. | Profil Selengkapnya

www.gemapasionis.org | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Leave a comment