Cinta dan Belas Kasihan - 17 Renungan Singkat bagian 4

Author | Rabu, 25 Oktober 2017 12:37 | Dibaca : : 1036
“Tergeraklah hatinya (hati ayah itu) oleh belas kasihan.” (Lukas 15: 20) “Tergeraklah hatinya (hati ayah itu) oleh belas kasihan.” (Lukas 15: 20)

(Bagian Keempat dari 17 renungan singkat atas teks Lukas 15:11-32)

Sang ayah telah menanti selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, untuk kembalinya anak laki-lakinya yang hilang. Suatu hari, setelah penantian yang panjang itu dia melihat anaknya. Bagaimana perasaan ayah itu? Tentu hatinya berdegup kencang. Emosi apa yang dia rasakan? Marah? Lega? Jawabannya adalah belas kasihan. Ayah ini merasakan rasa kasihan pada anak laki-lakinya itu. Hatinya tergerak oleh belaskasihan. Rasa kasihan yang timbul bukan saja karena anaknya yang telah hilang kembali ke rumah, melainkan karena melihat anaknya begitu kotor, compang-camping, berjalan lunglai dan tak bergairah.

Ayah itu menyadari bahwa anaknya sangat menderita karena telah pergi begitu jauh dari hadapannya dan dalam waktu yang lama. Saat itu ia mendapati dirinya menderita bersama anak laki-lakinya yang malang itu. Ini, sekali lagi, adalah gambaran Bapa kita di Surga. Di dalam Yesus Allah adalah Immanuel. Dia adalah Allah bersama kita. Dia merasakan apa yang kita rasakan. Dia adalah seorang ayah yang simpatik bukan ayah yang apatis. Kita bersyukur karena Allah kita kaya akan cinta, – cinta yang tak berujung kepada kita.

 

DOA

Ya Bapa, aku berterimakasih kepada-Mu karena Engkau senantiasa merasakan apa yang aku rasakan dan Engkau selalu membuka hati-Mu dengan penuh belaskasihan untuk menyambutku kembali ke dalam pelukan-Mu. Amin.

 

Salam Passion.

 

“Semoga Sengsara Yesus Kristus Selalu Hidup di Hati Kita”

P.Avensius Rosis,CP

Ditahbiskan menjadi imam dalam Kongregasi Pasionis pada 18 Agustus 2009 di Gereja Katedral Jakarta. Februari 2016 - Juli 2017 berada di Melbourne, Australia. Sekarang bertugas mendampingi para Novis Pasionis di Biara Santo Gabriel dari Bunda Berdukacita, Batu, Malang. | Profil Selengkapnya

www.gemapasionis.org | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Leave a comment