Retret SMPK Frater Maumere Tahun 2017

Author | Kamis, 26 Januari 2017 11:33 | Dibaca : : 1997
Peserta ret-ret di Tempat Ziarah Maria Bunda Segala Bangsa - Nilo Maumere Flores Peserta ret-ret di Tempat Ziarah Maria Bunda Segala Bangsa - Nilo Maumere Flores Foto : Dokumentasi PSP Nilo

Banyak orang, terutama remaja pada masa pertumbuhannya cenderung melihat keluar kepada diri orang lain. Mereka lebih tertarik untuk menjadi seperti orang lain  ketimbang menjadi diri sendiri. Akibatnya perkembangan mental mereka menjadi tidak seimbang yang berefek pada penolakan terhadap diri sendiri dan tidak mensyukuri anugerah Tuhan atas diri mereka.

Kenyataan seperti inilah yang menggerakkan Frater Kepala Sekolah SMPK Frater Maumere bersama para guru, pegawai dan orangtua sepakat untuk membuat program retret setiap tahun bagi siswa dan siswi kelas III.

Retret siswa-siswi kelas III SMPK Frater Maumere tahun 2017 telah dan sedang dilaksanakan di PUSAT SPIRITUALITAS PASIONIS, Nilo, Maumere. Retret ini dibagi dalam empat gelombang dan dilaksanakan sejak 20 Januari sampai dengan 28 Januari 2017.

Tema retret tahun 2017 ini adalah SIAPAKAH AKU. Melalui tema ”SIAPAKAH AKU” ini Frater Kepala Sekolah SMPK Frater Maumere, para guru, pegawai dan orangtua bersama dengan para pembimbing retret di Pusat Spirtualitas Pasionis ingin mengajak para siswa dan siswi untuk melihat dan merefleksikan diri  tentang bagaimana relasiku dengan Tuhan, diri sendiri, alam, sesama dan orang tua (keluarga). Frater Kepala Sekolah SMPK Frater Maumere, para guru, pegawai dan orangtua berharap retret ini dapat membantu siswa-siswi untuk menemukan diri, menerima diri dan mengembangkan diri mereka dengan penuh syukur. Retret ini juga bertujuan mempersiapkan para siswa secara mental dan spiritual dalam menyongsong Ujian Nasional dan dalam membuat keputusan pribadi untuk menentukan kemana akan melanjutkan studi setelah lulus SMP.

Retret ini dipersiapkan dengan baik oleh Para Pembimbing Retret di Pusat Spiritualitas Pasionis. Para peserta retret dibimbing dengan tatap muka di dalam aula untuk merefleksikan tema retret dan diisi dengan beberapa kegiatan rohani di luar ruangan, seperti antara lain ziarah ke Tempat Ziarah Maria Bunda Segala Bangsa dan mengadakan Jalan Salib sambil memanggul salib bersama ke Bukit Golgota Nilo, Maumere. Retret ini juga dikemas dengan beberapa aktivitas lain yang sangat menarik agar peserta retret tidak merasa jenuh, seperti diskusi kelompok, sharing bersama, menyanyi, menari dan melakukan permainan bermakna di dalam dan di luar ruangan.

Akhirnya, selamat melanjutkan perjuangan bagi siswa-siswi yang telah menyelesaikan retret, selamat menjalankan retret bagi siswa-siswi yang sedang mengikuti retret dan selamat datang bagi siswa-siswi yang akan mengikuti retret. Proficiat kepada Frater Kepala Sekolah, para guru, pegawai, orangtua dan keluarga besar SMPK Frater Maumere yang telah sukses mengantar siswa-siswi kelas tiga dalam retret di tahun 2017 ini.
Terimakasih kepada P. Agustinus, CP, P. Patrisius, CP, P. Ferri, CP, Br. Wilhem, CP dan Keluarga Besar Pusat Spiritualitas Pasionis Nilo. Semoga Tuhan memberkati kita semua.

Salam Persaudaraan Pasionis…!

P.Avensius Rosis,CP

Ditahbiskan menjadi imam dalam Kongregasi Pasionis pada 18 Agustus 2009 di Gereja Katedral Jakarta. Februari 2016 - Juli 2017 berada di Melbourne, Australia. Sekarang bertugas mendampingi para Novis Pasionis di Biara Santo Gabriel dari Bunda Berdukacita, Batu, Malang. | Profil Selengkapnya

www.gemapasionis.org | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Leave a comment